PERENCANAAN PROYEK Apa itu proyek ? Proyek dapat juga didefinisikan sebagai usaha sementara,temporer, dan bukan permanen, yang memiliki sas...

Perencanaan Proyek

 PERENCANAAN PROYEK


Apa itu proyek ?

Proyek dapat juga didefinisikan sebagai usaha sementara,temporer, dan bukan permanen, yang memiliki sasaran khusus dengan waktu pelaksanaan yang tegas.

Proses dalam melaksanakan proyek meliputi :
  1. Perencanaan
  2. Pengaturan
  3. Pelaksanaan
Dalam artikel ini saya akan membahas tentang proses Perencanaan.

Apa itu Perencanaan dalam mengerjakan proyek ?

Perencanaan atau Planning dalam mengerjakan proyek adalah meramalkan dan merumuskan kegiatan - kegiatan yang akan dilakukan di masa yang akan datang. Dengan harapan kegiatan - kegiatan tersebut dapat berjalan dengan sesuai.

Tujuan utama dari perencanaan adalah agar kegiatan yang dilakukan terhadap proyek tersebut dapat berjalan dengan se-efisien dan se-efektif mungkin.
Adapun tujuan - tujuan lain nya adalah :
  1. Mengidentifikasikan hubungan yang harus dilakukan.
  2. Menunjukkan perkiraan biaya dan waktu yang realistis.
  3. Menunjukkan hubungan tiap kegiatan terhadap proyek dan membantu perencanaan terhadap sumber daya untuk hal - hal kritis.
Metode perencanaan yang akan saya jelaskan adalah metode Gantt chart

Hal - hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat perencanaan adalah :
  • Person in Charge (PIC), serta skill dan kompetensi yang dimiliki PIC harus sesuai agar kegiatan dapat berjalan.
  • Waktu yang diperlukan / deadline, mempertimbangkan tentang tingkat kesulitan pekerjaannya.
  • Sumber daya yang diperlukan, mempertimbangkan tentang kemampuan pekerja.
  • Pekerjaan yang akan dilakukan

Gantt Chart

Bagian - bagian :

        1. Nama proyek

Menjelaskan nama proyek yang sedang dikerjakan.

        2. Uraian tugas yang perlu dikerjakan

Pada bagian kiri dituliskan pekerjaan yang akan dikerjakan. Penulisan tidak perlu terlalu panjang. Pekerjaan yang memiliki sub pekerjaan memiliki nomor yang sama, dan dilanjutkan dengan huruf. Contoh : 1.a, 1.b, dst.

        3. Person in Charge (PIC)

Menjelaskan tentang orang yang bertanggung jawab atas kegiatan yang sedang dilakukan.

        4. Waktu

Menjelaskan lamanya waktu yang diperlukan sampai proyek selesai. Penulisan menampilkan bulan dan tahun bila diperlukan. Dan tanggal untuk memperlihatkan detail setiap harinya.

        5. Diagram balok horizontal

Diagram balok digunakan sebagai indikator berjalannya proses. Diagram dapat diwarnai dengan warna merah untuk proses yang kritis, warna biru untuk proses yang non-kritis.

Apabila sudah membuat penjadwalan, sebaiknya kita mendiskusikan nya dengan seluruh anggota team dengan tujuan jadwal yang dibuat sudah diketahui dan disetujui oleh anggota lain ataupun yang mengerjakan.

Hal - hal yang perlu dibahas ketika mendiskusikan pembuatan jadwal :

  1. Estimasi waktu pengerjaan.
  2. Membahas spare waktu yang dibutuhkan.
  3. Persutujuan dari semua orang yang terlibat.
Disusun oleh : Angga Satrya D. / 3B2 / 2018-2-008





Sumber : 

0 comments: