LIGHT EMITTING DIODE (LED) PENGERTIAN Light Emitting Diode (LED) merupakan dioda yang berpendar. LED memancarkan cahaya ketika d...

LIGHT EMITTING DIODE (LED)


LIGHT EMITTING DIODE (LED)


PENGERTIAN
Light Emitting Diode (LED) merupakan dioda yang berpendar. LED memancarkan cahaya ketika diberi tegangan maju. Cahaya yang dipancarkan LED dapat berwarna-warni, tergantung pada bahan semikonduktor yang digunakan. LED juga dapat memancarkan sinar inframerah yang tidak tampak oleh mata seperti yang sering kita jumpai pada Remote Control TV ataupun Remote Control perangkat elektronik lainnya.

Berbeda dengan lampu pijar, LED tidak menghasilkan pembakaran filamen, sehingga dalam menghasilkan cahaya, LED tidak menimbulkan panas.


Komponen LED dan simbolnya
Untuk mengetahui polaritas terminal Anoda (+) dan Katoda (-) pada LED. Kita dapat melihatnya secara fisik berdasarkan gambar diatas. Ciri-ciri Terminal Anoda pada LED adalah kaki yang lebih panjang dan juga Lead Frame yang lebih kecil. Sedangkan ciri-ciri Terminal Katoda adalah Kaki yang lebih pendek dengan Lead Frame yang besar serta terletak di sisi yang Flat.

CARA KERJA LED
Cara kerja dari LED hampir sama dengan keluarga dioda yang memiliki dua kutub, yaitu Kutub Positif (P) dan Kutub Negatif (N). LED hanya akan memancarkan cahaya apabila dialiri tegangan maju (bias foward) dari Anoda ke Katoda.

LED sendiri terdiri atas sebuah chip semikonduktor yang didopping, sehingga menciptakan junction antara kutub P dan kutub N. Proses dopping dalam semikonduktor adalah proses untuk menambahkan impurity / ketidakmampuan pada semikonduktor yang murni, sehingga dapat emnghasilkan karakteristik kelistrikan yang diinginkan.

KEGUNAAN LED

Teknologi LED memiliki berbagai kelebihan seperti tidak menimbulkan panas, tahan lama, tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, dan hemat listrik serta bentuknya yang kecil ini semakin popular dalam bidang teknologi pencahayaan. Berbagai produk yang memerlukan cahaya pun mengadopsi teknologi Light Emitting Diode (LED) ini. Berikut ini beberapa pengaplikasiannya LED dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Lampu Penerangan Rumah
  2. Lampu Penerangan Jalan
  3. Papan Iklan (Advertising)
  4. Backlight LCD (TV, Display Handphone, Monitor)
  5. Lampu Dekorasi Interior maupun Exterior
  6. Lampu Indikator
  7. Pemancar Infra Merah pada Remote Control (TV, AC, AV Player)

KARAKTERISTIK KHUSUS

KARAKTERISTIK UMUM

  • Tengangan maju : 1.8V-3V
  • Ambang Arus : 0mA-60mA
  • Operasi Temperatur : – 40º C Sampai  100ºC
  • Maksimal Power : 60mW
  • Intensitas Luminous: 150-200mcd




DAFTAR PUSTAKA:
http://www.iklanvideotron.com/2017/01/pengertian-cara-kerja-dan-kegunaan-light-emmiting-diode-led/?v=4a5e17551e76
https://teknikelektronika.com/pengertian-led-light-emitting-diode-cara-kerja/
https://rangkaianelektronika.info/pengertian-fungsi-dan-simbol-led-light-emmiting-diode/

0 comments: