Apa itu Technical Meeting? Technical Meeting semacam sebuah rapat dimana semua anggota diarahkan untuk membahas suatu keadaan. Tuju...

Technical Meeting


Apa itu Technical Meeting?



Technical Meeting semacam sebuah rapat dimana semua anggota diarahkan untuk membahas suatu keadaan. Tujuannya supaya tim dapat mengerti dan paham perannya masing-masing, dibutuhkan demi kelancaran suatu keadaan.
Technical Meeting pada suatu Project perlu dilaksanakan dengan maksud setiap tim paham alur dari proses pengerjaan proyek. Hal-hal yang perlu dibahas dalam Technical Meeting Project yaitu :
  • Tema, yaitu project apa yang akan dibuat atau dikembangkan.
  • Tujuan, membahas dimana seperti apa gambaran final project.
  • Data, menunjukkan hal atau usaha apa saja yang diperlukan untuk pengerjaan project.
  • Kondisi, dimana menjelasan seperti apa kondisi baik dari tim maupun kondisi pendukungnya.
  • Strategi, ketika akan dimulai pengerjaan perlu tau strategi akan seperti apa suatu projek akan dikerjakan, kapan dimulai, kapan selesai, dan faktor pendukung lainnya.
  • Peran, setelah keempat hal dilakukan maka perlu dijelaskan seperti apa tugas atau peran masing-masing tim supaya pekerjaan dilakukan dengan maksimal sesuai divisi.

Begitu penting adanya suatu technical meeting, supaya meminimalisir terjadinya kesalahan pada saat pengerjaan project dilaksanakan.



Apa itu Strategic Meeting?

Strategic Meeting merupakan bagian dari Technical Meeting. Dimana pada saat dilaksanakan Technical Meeting otomatis juga membahas Strategic Meeting supaya tertata proses dari awal suatu project hingga project selesai.
Strategic berperan penting dalam keberhasilan suatu project, tentunya dengan didukung profesionalitas setiap tim. Hal-hal apa saja yang dibahas saat diselenggarakan Strategic Meeting pada suatu project :
  •  Project, penjelasan mengenai gambaran project yang akan dikerjakan.
  • Planning, rencana project akan dikerjakan melalui proses apa saja.
  • Support, termasuk bahan baku, bagaimana mendapatkannya, apa yang dibutuhkan, dll.
  • Future, final project yang akan dibuat.
  • Teamwork, peran kerjasama tim sangat dibutuhkan disini maka perlu diatur jenis pekerjaan apa saja supaya sesuai untuk tiap divisi.
  • Analysis, menganalisa kemungkinan terburuk pada setiap pengerjaan untuk mencari solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Decision, pada akhirnya perlu diputuskan project tersebut layak untuk dilaksanakan atau tidak.

Disusun oleh : Pandu Muktiarsa / 3A / 20172045



Kembali ke Manajemen | Artikel sebelumnyaHome - Artikel selanjutnya

sumber :
1. http://thebridedept.com/tips-menyelenggarakan-technical-meeting-yang-efektif/
2. https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110222003758AA7LoFQ&guccounter=1&guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_sig=AQAAAAVw6yz5GjDV8mdLaZWX2JJxZl4_-YAQEhTqE6u3qbNdEf9P6cb8ybADO-ukiB4SJBWevN7Lu4UtanL1GWBlzZNpGEWEXn697DtQ7ayO3UQw0gtGDEN31YQJsUW3T3tjGsEqXFEISy04r7zYD2Guyur_tej-AGMFtCW_Mjq40NA5

0 comments: