Sistem Pengaturan dan Pembagian Project
1. Pendahuluan
Pembagian project adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menentukan pekerjaan apa saja yang dilakukan dan siapa yang bertanggung jawab pada pekerjaan-pekerjaan tersebut. Pembagian project dilakukan agar tercipta kualitas dalam pekerjaan dan kualitas dalam kinerja suatu divisi ataupun perusahaan. Pengertian lain dari pembagian project adalah informasi tertulis yang menguraikan tugas dan tanggung jawab, kondisi pekerjaan, hubungan pekerjaan, dan aspek-aspek pekerjaan pada suatu jabatan tertentu dalam organisasi, Hasibuan (2007)
Laboratorium PKM terdiri dari berbagai macam project yang memiliki tingkat kesulitan dan kompetensi yang berbeda-beda. Sebuah project dapat berjalan dengan lancar jika person in charge yang memegang sebuah project mengetahui seluk beluk projectnya dan juga memiliki kompetensi yang diperlukan pada project tersebut juga.
Gambar 1. Contoh Pembagian Tugas pada Lab PKM Politeknik ATMI Surakarta
2. Faktor-faktor
Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pengaturan dan pembagian project :
- Skill dan kompetensi
Skill dan kompetensi yang dimiliki tiap orang dapat berbeda-beda. Contoh di lab PKM Politeknik ATMI Surakarta, mahasiswa-mahasiswi memiliki banyak sekali macam skill yang berbeda seperti skill elektronika, programming, mekanik, gambar teknik, dan lain-lain. Suatu project jika diberikan kepada seseorang yang memiliki kompetensi yang sesuai untuk project tersebut pastinya akan menunjang kualitas dan kecepatan hasil akhir project.
- Deadline
Date of deadline adalah batas waktu penyelesaian sebuah project. Date of deadline merupakan faktor yang sangat mempengaruhi pembagian project. Project dengan deadline yang sangat dekat ataupun mendadak perlu diberikan jumlah orang yang lebih untuk membantu pembagian tugas dalam project tersebut. Bahkan jika project sangat mendesak, para person dari project yang lebih tidak mendesak bisa diperbantukan terlebih dahulu agar project yang mendesak tersebut dapat selesai tepat waktu.
- Besar Kecilnya suatu project
Suatu project yang besar atau biasa disebut mega project tentu saja perlu porsi pembagian tugas yang lebih tinggi dari project yang secara nilai lebih kecil. Bukan menyepelekan project kecil tetapi sebuah project yang besar biasanya membutuhkan personil yang lebih banyak juga untuk mengakomodasi job-job nya yang banyak.
3. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan-penjelasan diatas kesimpulan yang dapat diambil adalah :
- Pembagian dan pengaturan project adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menentukan pekerjaan apa saja yang dilakukan dan siapa yang bertanggung jawab pada pekerjaan-pekerjaan tersebut.
- Pembagian dan pengaturan project-project pada suatu sistem produksi harus memperhatikan beberapa hal antara lain skill dan kompetensi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan project, Date of deadline dari project tersebut, dan besar kecilnya nilai suatu project.
Artikel ini ditulis oleh : Ignasius Joshua Tony Wibowo (Mk-A/15)(2017-2-031)
Kembali ke Manajemen | Artikel sebelumnya - Home - Artikel selanjutnya
Sumber :
0 comments: