Project Manajemen Apakah Manajement Itu ? Manajemen yaitu proses pengkoordinasian kegiatan pekerja sehingga pekerjaan selesai secara ...

Project Manajemen

Project Manajemen

Apakah Manajement Itu ?
Manajemen yaitu proses pengkoordinasian kegiatan pekerja sehingga pekerjaan selesai secara efisien dan efektif dengan bekerja sama bersama orang lain.

Efisien = memperoleh output terbesar dengan input yang terkecil.
Efektif = menyelesaikan kegiatan sehingga sasaran/tujuan organisasi dapat tercapai.

Project Manajemen adalah usaha pada suatu kegiatan agar tujuan adanya kegiatan tersebut dapat tercapai secara efisien dan efektif. Efektif dalam hal ini adalah dimana hasil  penggunaan sumber daya dan kegiatan sesuai dengan sasarannya yang meliputi kualitas, biaya, waktu dan lain-lainnya. Sedangkan efisien diartikan penggunaan sumber daya dan pemilihan sub kegiatan secara tepat yang meliputi jumlah, jenis, saat penggunaan sumber lain dan lain-lain. Oleh sebab itu project manajemen pada suatu project konstruksi merupakan suatu hal yang tidak dapat diabaikan begitu saja, karena tanpa manajemen suatu project, konstruksi akan sulit berjalan sesuai dengan harapan baik berupa biaya, waktu maupun kualitas

Project Manajemen meliputi proses perencanaan (planning), kegiatan, pegaturan (organizing), pelaksanaan dan pengendalian (controlling). Proses perencanaan, pengaturan, pelaksanaan dan pengendalian adalah dunia industri sering disebut dengan proses manajemen.

Tujuan dari proses manajemen adalah untuk mengusahakan agar semua rangkaian kegiatan tersebut :
1.   Tepat waktu, dalam hal ini tidak terjadi keterlambatan penyelesaian suatu project
2. Biaya yang sesuai, maksudnya agar tidak ada biaya tambahan dari perencanaan biaya yang telah dianggarkan
3.    Kualitas yang sesuai dengan persyaratan
4.    Proses kegiatan dapat berjalan dengan lancar


Tahapan Project Manajemen

Berikut ini adalah beberapa tahapan project manajemen:

1.    Pendefinisian Project
        Tahapan pertama dalam project manajemen adalah dengan
mendefinisikan project. Definisi project di sini mencakup segala hal termasuk tujuan project hingga faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kualitas pengerjaan project.

2.    Inisialisasi Project
       Pada tahapan inisialisasi ini akan dilakukan perencanaan awal terhadap seluruh sumber daya yang akan dipergunakan dalam pengerjaan project. Mulai dari sumber daya manusia, teknis dan lain sebagainya.

3.    Perencanaan Project
        Pada tahapan ketiga yaitu perencanaan project, akan diuraikan bagaimana project harus dijalankan. Di poin ini, anda bisa melihat peranan penting dari waktu, biaya dan ruang lingkup project dalam pelaksanaannya.

4.    Pelaksanaan Project
    Tahapan pelaksanaan berarti semua tim akan bekerja sesuai dengan rencana awal untuk bisa menyelesaikan project dengan tepat waktu dan juga sesuai dengan target dan tujuan yang diinginkan.

5.    Pemantauan dan Pengendalian Project
       Mengambil beberapa langkah yang berkaitan dengan pemantauan dan pengendalian project. Hal ini perlu dilakukan agar project bisa berjalan dengan lancar dan hasil akhir yang ditargetkan bisa diperoleh.

6.    Penutupan Project
       Menerima hasil akhir project dan menghentikan dengan segera semua penggunaan sumber daya yang dibutuhkan selama proses pengerjaan project.


Siapakah Manajer Itu ?
Manajer adalah seseorang  yang bekerja sama dengan orang lain untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan pekerjaan guna mencapai sasaran/tujuan suatu organisasi.

Apa Yang Dikerjakan Manajer ?
Manajer melaksanakan 5 fungsi yaitu :
1. Merancang.
(proses mendefinisikan sasaran/tujuan, menetapkan strategi, dan menyusun rencana untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan dengan sejumlah kegiatan lainnya)
2.  Mengorganisasi.
(menentukan tugas apa yang harus dilakukan, siapa yang harus melakukan, bagaimana cara mengelompokkan tugas, siapa harus melapor dengan siapa, apa keputusan yang harus dibuat)
3. Memimpin.
(memotivasi seluruh pihak yang terlibat dan menyelesaikan masalah)
4. Mengkoordinasi.
(mengarahkan kepada seluruh pihak yang terlibat agar project dapat berjalan sesuai dengan rencana awal)
5. Mengendalikan.
(memantau kegiatan guna meyakinkan bahwa kegiatan tesebut dapat diselesaikan seperti yang direncanakan).

Author : Ryan Adi/TMK 3A - 18/2017-2-048



Sumber: 

- https://ipqi.org/manajemen-proyek-project-management/
- https://slideplayer.info/slide/13632708/
- https://ipqi.org/siapakah-manajer-proyek-itu/
- https://ukirama.com/blogs/mengenal-manajemen-proyek-project-management-di-perusahaan

0 comments: