Untuk penerapan biasanya seorang manajer akan membuat tim yang terdiri dari beberapa leader di setiap departemen yang dimana tim tersebut akan melakukan investigasi dengan menyeleksi bagian mana atau area staff mana yang susunan manajemennya perlu adanya pembaharuan atau perubahan kemudian tim akan melakukan review semua masalah dan mengidentifikasinya serta menentukan tindakan apa yang harus diambil dan siapa yang akan bertanggung jawab untuk melakukan perubahan tersebut. Contoh penerapannya :
1. Pembaharuan ulang kinerja karyawan
Dasar yang digunakan pada bagian ini yakni untuk mengajari para karyawan melihat adanya pemborosan atau adanya potensi perbaikan di sekeliling mereka .
2. Menganalisis metode yang digunakan saat ini
Meninjau berbagai cara paling mendasar yang digunakan di line ini untuk mengajari karyawan tentang bagaimana melakukan analisis sederhana metode kerja pada metode yang digunakan pada saat ini.
3. Mencetuskan ide original
Bagian ini diterapkan dengan menanamkan pola pikir pada diri masing-masing untuk mereka gunakan sesuai keinginan, serta meninjau beberapa cara untuk membantu tim bertindak dan berfikir ke arah lebih tepat.
4. Pemberian briefing mengenai pentingnya perencanaan
Dengan kesadaran akan pentingnya membuat rencana terbaik adalah gagasan dengan lakukan saja, sementara untuk kasus lain dibutuhkan lebih banyak koordinasi dan pemikiran yang seksama dan mengulas beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan oleh tim sebelum diterapkan
5. Menerapkan rencana
Pada langkah ini akan dilakukan perundingan atau berdiskusi mengenai tahapan penerapan rencana dan beberapa poin penting sebagai pertimbangan. Sering kali rencana baik tidak berjalan seperti apa yang diinginkan pada awalnya. Beberapa pedoman dan poin penting untuk penerapannya akan didiskusikan pada tahap ini.
6. Mengevaluasi metode baru
Pada langkah ini akan diulas pentingnya pembuktian. Dalam penerapan jhisuken tidak ada peningkatan sampai hasil diukur dan dibandingkan dengan keadaan sebelumnya. Hanyalah hasil yang yang memberi peningkatan yang dipertimbangkan dalam jhisuken, dan sebagai pemimpin harus membuat berbagai upaya untuk menjamin bahwa proses tersebut benar-benar diperbaiki.
Disusun oleh Feri Wijanarko (2019-2-029)
Sumber dari :
http://shiftindonesia.com/belajar-lean-manufacturing-apa-itu-jishuken/
https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20171129/46/713832/tps-jishuken-toyota-pacu-daya-saing-rantai-suplai
https://nugrohoblogone.wordpress.com/2009/01/21/tps-jishuken/
Kembali ke Manajemen Industri | Artikel Sebelumnya - Home - Artikel Selanjunya
0 comments: