Marketing atau yang kita kenal sebagai pemasaran
perusahaan adalah salah satu bagian penting dalam kehidupan perusahaan, mengapa
demikian? Ibarat peperangan marketing adalah perisai dimana menjadi ujung
tombak peperangan dalam perusahaan. Terkadang kita hanya mengenal marketing
dari satu sisi yaitu penjualan, padahal marketing mempunyai banyak sekali fungsi
vital dalam kegiatan produksi dan distribusi perusahaan. Sebagai ujung tombak
bagi perusahaan, marketing juga tidak bisa lepas dari kata kolaborasi. Marketing harus bisa bekerja sama dan berkaitan dengan
beberapa bagian seperti divisi riset,
produksi, pengembangan, sumber daya manusia, dan divisi keuangan. Hal tersebut
menjadikan seorang marketing harus memiliki beberapa keterampilan dan keahlian.
Apa itu Marketing ?
Marketing atau
dalam Bahasa Indonesia lebih kita kenal sebagai Pemasaran adalah kegiatan (
proses ) pengenalan suatu produk kepada khayalak ramai sehingga terjadilah
proses transaksi berupa penjualan antara kedua belah pihak ( produsen dan
konsumen ). Di dalam menjalankan tugasnya seorang marketing harus beroreintasi
pada laba, dimana hal tersebut juga mencakup bagaimana efektifitas jual beli
sehingga terciptalah keuntungan bisnis.
Tantangan dalam marketing?
Adaptasi menjadi kata kunci bagi marketing agar bisa terus berkembang dan bersaing, marketing harus bisa beradaptasi mencari solusi dan jalan agar pengenalan terhadap produk bisa berjalan dengan efesien dan menarik. Media pengenalan pun tak bisa lepas dari marketing, seorang marketing harus bisa menguasai media pemasaran baik online maupun offline. Selain itu seorang marketing harus bisa mengenali lebih jauh bagaimana kondisi pasar yang naik turun dalam kurun waktu tertentu. Kesediaan barang dalam jangka waktu panjang tanpa diimbangi harga yang stabil bisa membuat kerugian bagi perusahaan itu sendiri.
Keahlian yang perlu dimiliki seorang marketing :
1.
Komunikasi
Seorang marketing harus memiliki keterampilan komunikasi yang
baik sehingga sosialisasi atau pengenalan terhadap suatu hal baru/produk dapat
tersampaikan dengan baik dan menarik. Menjalin komunikasi yang baik (efektif
& efesien) membutuhkan waktu yang tidak singkat sehingga bagi seorang
marketing haruslah terus mengasah kemampuan komunikasi sebagai bekal dasar.
2.
Sosialisasi
Seorang marketing harus memiliki kepribadian yang mampu membaur
dan beinteraksi dengan bermacam-macam orang. Kemampuan bersosialisasi ini
menjadi hal yang penting, tanpa kemampuan tersebut, marketing akan kesulitan
dalam menghadapi berbagai respon dari orang lain.
3.
Kreatif
Seorang marketing harus memiliki kemampuan menciptakan ide
gagasan yang mendorong daya tarik kosumen. Penggunaan media menjadi salah satu
hal yang mentut kreativitas guna memperoleh perhatian dan ketertarikan
konsumen. Dengan begitu, kemampuan tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan
daya jual terhadap efektifitas laba penjualan perusahaan.
4.
Konsistensi
Bagi seorang marketing harus memiliki sifat gigih, tidak mudah
menyerah dalam menghadapi tantangan dan mau terus berusaha. Hal tersebut harus
menjadi bagian penting yang harus dimiliki seorang marketing sehingga dapat
beradaptasi dalam segala kondisi, dan jeli dalam melihat peluang.
Itulah setidaknya empat hal yang perlu dikuasai dan terus dikembangkan
dalam marketing. Dalam tantangan untuk beradaptasi, empat hal tersebut dapat
membekali seseorang untuk menghadapi berbagai perubahan dan perkembangan zaman.
Author : Donny Aryo Seno Suwandi ( 20192023) TMK 2A
Sumber :
- https://www.maxmanroe.com/vid/umum/arti-konsisten.html
- http://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2020/12/30/pentingnya-komunikasi-dalam-organisasi/
- https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-marketing/#.YPd8ROgzZPY
Kembali ke Manajemen Industri | Artikel sebelumnya - Home - Artikel selanjutnya
empat hal tersebut dapat membekali seseorang untuk menghadapi berbagai perubahan dan perkembangan zaman? Tel U
ReplyDelete