Marketing atau yang kita kenal sebagai pemasaran perusahaan adalah salah satu bagian penting dalam kehidupan perusahaan, mengapa demikian?...

Fungsi dan Peranan Marketing dalam Perusahaan

 


Marketing atau yang kita kenal sebagai pemasaran perusahaan adalah salah satu bagian penting dalam kehidupan perusahaan, mengapa demikian? Ibarat peperangan marketing adalah perisai dimana menjadi ujung tombak peperangan dalam perusahaan. Terkadang kita hanya mengenal marketing dari satu sisi yaitu penjualan, padahal marketing mempunyai banyak sekali fungsi vital dalam kegiatan produksi dan distribusi perusahaan. Sebagai ujung tombak bagi perusahaan, marketing juga tidak bisa lepas dari kata kolaborasi. Marketing harus bisa bekerja sama dan berkaitan dengan beberapa bagian seperti divisi riset, produksi, pengembangan, sumber daya manusia, dan divisi keuangan. Hal tersebut menjadikan seorang marketing harus memiliki beberapa keterampilan dan keahlian.


Apa itu Marketing ?

          Marketing atau dalam Bahasa Indonesia lebih kita kenal sebagai Pemasaran adalah kegiatan ( proses ) pengenalan suatu produk kepada khayalak ramai sehingga terjadilah proses transaksi berupa penjualan antara kedua belah pihak ( produsen dan konsumen ). Di dalam menjalankan tugasnya seorang marketing harus beroreintasi pada laba, dimana hal tersebut juga mencakup bagaimana efektifitas jual beli sehingga terciptalah keuntungan bisnis.


Tantangan dalam marketing?

           Adaptasi menjadi kata kunci bagi marketing agar bisa terus berkembang dan bersaing, marketing harus bisa beradaptasi mencari solusi dan jalan agar pengenalan terhadap produk bisa berjalan dengan efesien dan menarik. Media pengenalan pun tak bisa lepas dari marketing, seorang marketing harus bisa menguasai media pemasaran baik online maupun offline. Selain itu seorang marketing harus bisa mengenali lebih jauh bagaimana kondisi pasar yang naik turun dalam kurun waktu tertentu. Kesediaan barang dalam jangka waktu panjang tanpa diimbangi harga yang stabil bisa membuat kerugian bagi perusahaan itu sendiri. 


Keahlian yang perlu dimiliki seorang marketing :

1.      Komunikasi

Seorang marketing harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik sehingga sosialisasi atau pengenalan terhadap suatu hal baru/produk dapat tersampaikan dengan baik dan menarik. Menjalin komunikasi yang baik (efektif & efesien) membutuhkan waktu yang tidak singkat sehingga bagi seorang marketing haruslah terus mengasah kemampuan komunikasi sebagai bekal dasar.

2.      Sosialisasi

Seorang marketing harus memiliki kepribadian yang mampu membaur dan beinteraksi dengan bermacam-macam orang. Kemampuan bersosialisasi ini menjadi hal yang penting, tanpa kemampuan tersebut, marketing akan kesulitan dalam menghadapi berbagai respon dari orang lain.

3.      Kreatif

Seorang marketing harus memiliki kemampuan menciptakan ide gagasan yang mendorong daya tarik kosumen. Penggunaan media menjadi salah satu hal yang mentut kreativitas guna memperoleh perhatian dan ketertarikan konsumen. Dengan begitu, kemampuan tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan daya jual terhadap efektifitas laba penjualan perusahaan.

4.      Konsistensi

Bagi seorang marketing harus memiliki sifat gigih, tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan dan mau terus berusaha. Hal tersebut harus menjadi bagian penting yang harus dimiliki seorang marketing sehingga dapat beradaptasi dalam segala kondisi, dan jeli dalam melihat peluang.

Itulah setidaknya empat hal yang perlu dikuasai dan terus dikembangkan dalam marketing. Dalam tantangan untuk beradaptasi, empat hal tersebut dapat membekali seseorang untuk menghadapi berbagai perubahan dan perkembangan zaman.

 

Author : Donny Aryo Seno Suwandi ( 20192023) TMK 2A

Sumber :

https://www.maxmanroe.com/vid/umum/arti-konsisten.html

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4473669/kreativitas-adalah-kemampuan-untuk-berkreasi-kenali-ciri-dan-tahapannya

http://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2020/12/30/pentingnya-komunikasi-dalam-organisasi/

https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-marketing/#.YPd8ROgzZPY

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-fungsi-penting-dari-marketing-dalam-perusahaan-yang-jarang-anda-ketahui/


Kembali ke Manajemen Industri Artikel sebelumnya Home - Artikel selanjutnya

1 comment:

  1. empat hal tersebut dapat membekali seseorang untuk menghadapi berbagai perubahan dan perkembangan zaman? Tel U

    ReplyDelete