TEAMWORK DALAM PRODUKSI
Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang maupun jasa atau kegiatan menambah nilai kegunaan atau manfaat suatu barang.
Proses produksi sangatlah penting dalam suatu kegiatan dalam perindustrian oleh karena itu dibutuhkan banyak aspek agar proses tersebut dapat berjalan dengan baik, efektif dan lancar. Salah satu aspek yang penting adalah Teamwork.
Kenapa Teamwork sangat penting dalam proses produksi?
Banyak sekali keuntunga jika kita menerapkan teamwork dalam aspek produksi.
1. Semua pekerjaan terkoordinasi dengan baik dan jelas.
2. Menciptakan kerjasama antar pekerja atau karyawan sehingga bisa hidup berdampingan.
3. Pekerjaan lebih cepat di kerjakan karena melibatkan banyak tenaga kerja dan pikiran.
4. Pekerjaan lebih terkontrol karena banyak man power yang terlibat.
5. Mempermudah di dalam memecahkan permasalahan yang di hadapi perusahaan.
6. Lebih banyak ide dan masukan untuk kemajuan perusahaan pabrik industri.
Cara membentuk teamwork dalam proses produksi sebagai berikut:
1. Membentuk tim yang tepat
Langkah pertama ini sangat krusial karena pemilihan personil yang tepat dalam sebuah tim menentukan keberhasilan pelaksanaan kerja tim itu sendiri. Dalam hal ini terkait dengan kepribadian, kompetensi masing-masing personil yang akan disatukan dalam satu tim. Komposisi personil harus mempertimbangkan tingkat kematangan emosional anggota tim agar konflik dapat teratasi secara professional.
2. Menetapkan tujuan dengan tepat
Penetapan tujuan disini dilakukan mulai dari tahap pemberian arahan oleh ketua tim atau leader kepada anggota tim dengan mempertimbangkan kekuatan individu masing-masing dan latar belakang kinerjanya. Sebagai leader, arahan yang diberikan harus jelas sehingga anggota tim dapat memahami tujuan dengan baik sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan secara efektif dan efisien.
3. Menerapkan akuntabilitas tim
Cara ini dinilai efektif dalam hal meningkatkan produktifitas suatu tim dengan selalu membuat pertanggungjawaban atas setiap kegiatan individu dalam tim. Penerapan prinsip akuntabilitas ini memastikan setiap anggota tim mendapatkan tugas dan berkontribusi secara adil sesuai dengan beban kerja dan tenggat waktu yang direncanakan.
4. Membina dukungan antar anggota tim
Dalam sebuah tim, peran leader diperlukan untuk menggerakkan dinamika tim yang mengarah pada peningkatan produktifitas dan kualitas pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri akan adanya konflik dalam pelaksanaannya, namun dengan kemampuan leader yang baik akan mampu mengendalikan situasi kerja yang kondusif antar anggota demi tercapainya tujuan tim.
Daftar Pustaka
http://itjen.pu.go.id/single_kolom/18
https://accurate.id/marketing-manajemen/teamwork-adalah/
0 comments: